Wednesday 23 March 2011

MATHEMATIC LOGIC FOR COMPUTER SCIENCE


       Logika (logic) disebut “the calculus of computer science”.karena logika memegang peran yang sangat penting di bidang ilmu computer,peran calculus (matematika) sama pentingnya utk ilmu ilmu di bidang sains,misalnya ilmu fisika,ilmu elektro,ilmu kimia dsb.Oleh karena hal itu para pelajar,mahasiswa,guru,dosen setuju bahwa logika memegang peranan yg penting dlm berbagai bidang keilmuan.bahkan dlm kehidupan manusa sehari hari.
      Logika dlm ilmu computer (computer science) digunakan sbg dasar untk belajar bahasa pemrograman,struktur data,kecerdasan buatan,system digital,basis data,teori komputasi dan lain lainnya yg memerlukan logika secara intensif.
      Logika (logic) berasal dari bahasa yunani “logos” dlm bhs inggris “reason”.oleh karena itu definisi logika adalah ilmu yg mempelajari tentang penalaran argument yg valid.dahulu logika di pelajari sbg salah satu cabang filosofi/ilmu filsafat.tetapi sejak awal tahun 1800an logika di pelajari di bidang matematika dan sekarang ini juga di bidang ilmu computer.karena logika mempengaruhi ilmu computer di keseluruhan bidang entah itu perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).
     Logika secara umum berhubungan dgn penalaran deduktif yg hanya mengambil kesimpulan dari premis premisnya.dan premis premis yg benar harus slalu di ikuti dgn kesimpulan yg benar pula,tidak mungkin premis premis yg benar di ikuti oleh kesimpulan yg salah ataupun sebaliknya, ini di sebut dgn “tautology”.berbeda dgn penalaran deduktif,penalaran induktif slalu mengambil kesimpulan berdasarkan penelitian/observasi.
     Jadi,logika matematika (mathematic logic) adalah cabang ilmu di bidang matematika yang mempelajari masalah logika atau tepatnya memperjelas logika dgn kaidah kaidah matematika. logika matematika terdiri dari :
·        Logika proposisional
·        Logika predikat
·        Pemrograman logika
·        Logika fuzzy, di Indonesia disebut logika kabur/samar.